Aplikasi Media Pembelajaran Organ Vital Tubuh Manusia Berbasis Augmented Reality Di Madrasah Iftidaiyah Miftahuddiniyah Cabangbungin Bekasi

Penulis

  • Parman Suparman
  • Rojacky Rojacky

Abstrak

Makhluk hidup memiliki organ di dalam tubuhnya yang memiliki bagian-bagian danĀ fungsi tertentu, salah satunya adalah organ vital pada tubuh manusia. Pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di Madrasah ibtidaiyah Miftahuddiniyah Cabangbungin Bekasi materi yang diberikan oleh Guru tentang pengenalan organ vital tubuh manusia, media pembelajaran yang diterapkan MI Miftahuddiniyah saat ini masih menggunakan buku tematik yang memerlukan banyak biaya dalam penerapannya. Maka dari itu, peserta didik membutuhkan inovasi yang baru dalam media pembelajaran yang dapat menggunakan sebuah alat yang menyimpan materi pembelajaran serta dapat dibawa kemana saja dan digunakan kapan saja. Salah satu teknologi yang saat ini sedang berkembang adalah menggunakan metode Augmented Reality. Augmented Reality ini dapat memungkinkan pengguna untuk melihat dunia nyata dengan objek virtual di tumpangkan diatas marker, sekaligus upaya memperkenalkan teknologi Augmented Reality kepada peserta didik. Penulis berharap dengan adanya teknologi Augmented Reality, dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan menarik minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPA

Biografi Penulis

Parman Suparman

Dosen Tetap Program Studi Teknik Informatika STMIK Cikarang

Diterbitkan

2020-03-03

Cara Mengutip

Suparman, P., & Rojacky, R. (2020). Aplikasi Media Pembelajaran Organ Vital Tubuh Manusia Berbasis Augmented Reality Di Madrasah Iftidaiyah Miftahuddiniyah Cabangbungin Bekasi. Jurnal Informatika SIMANTIK, 5(1), 8-15. Diambil dari http://ejurnal.stmikcikarang.ac.id/index.php/Simantik/article/view/92