Rancang Bangun Edukasi Hardware Komputer Berbasis Android Menggunakan App Inventor Untuk Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Siti Khotijah Universitas Indraprasta PGRI
  • Dewi Driyani Universitas Indraprasta PGRI
  • Juliana Universitas Indraprasta PGRI

Abstrak

Pembelajaran tentangĀ  komputer terutama tentang hardware komputer di tingkat sekolah dasar sangat diperlukan. Agar siswa pada tingkat sekolah dasar lebih siap untuk menghadapi kemajuan teknologi komputer. Hardware komputer merupakan bagian dari komputer yang sangat penting, karena hardware ini merupakan perangkat keras yang berbentuk fisik , bisa dilihat dan diraba. Bagian bagian dari hardware komputer diantaranya monitor, keyboard, mouse, casing dan lebih dalam dari hardware komputer mainboard, cpu, ram, rom, vga dan lain-lain. Untuk mempelajari hardware komputer akan lebih mudah dipelajari dengan tampilan yang lebih interaktif. Oleh karena itu maka dibuat rancang bangun edukasi yang membahas hardware komputer untuk pembejaran di tingkat sekolah dasar dengan tujuan supaya siswa pada tingkat sekolah dasar dapat mengenal dan memahami fungsi fungsi dari bagian hardware komputer. Aplikasi edukasi belajar hardware komputer ini akan memberikan informasi informasi yang yang diperlukan tentang h hardware komputer, karna aplikasi ini dalam penyajiannya berbasis android dan memberikan tampilan yang menarik dan interaktif sehingga siswa sekolah dasar lebih menyenangkan dalam belajar. Pembuatan aplikasi pembelajaran hardware komputer ini menggunakan aplikasi app inventor yaitu salah satu tool untuk membuat aplikasi berbasis android. Alat alat pembantu dalam merancang aplikasi pembelajaran hardware komputer untuk tingkat sekolah dasar yaitu Unified Modeling Langunge (UML), flowchart dan Activity Diagram

Diterbitkan

2020-03-03

Cara Mengutip

Khotijah, S., Driyani, D., & Juliana. (2020). Rancang Bangun Edukasi Hardware Komputer Berbasis Android Menggunakan App Inventor Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Informatika SIMANTIK, 5(1), 16-21. Diambil dari http://ejurnal.stmikcikarang.ac.id/index.php/Simantik/article/view/93