Penerapan Data Mining Pada Data Penjualan Produk Untuk Mengetahui Pola Belanja Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus : PT. Indomarco Prismatama)

Penulis

  • Tumini STMIK CIKARANG
  • Rifki Alfi Hidayat STMIK CIKARANG

Abstrak

  1. Indomarco Prismatama merupakan salah satu perusahaan besar yang bergerak dibidang ritel yang mana perusahaan ini setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen dan dituntut untuk mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan strategi penjualan. Dengan memanfaatkan data transaksi penjualan yang telah tersimpan dalam database, pihak manajemen dapat mengetahui kebiasaan pelanggan atau perilaku pelanggan mengenai apa saja barang yang sering dibeli. Cara mengetahui barang-barang yang dibeli secara bersamaan, dapat digunakan teknik data mining untuk menemukan aturan asosiasi suatu kombinasi item. Proses pencarian asosiasi menggunakan bantuan algoritma apriori untuk menghasilkan pola kombinasi item dan rules sebagai ilmu pengetahuan dan informasi penting dari data transaksi penjualan. Hasil penelitian ini berupa aplikasi untuk menganalisa pola belanja yang mana pola yang dihasilkan dapat dijadikan rekomendasi dalam menentukan strategi penjualan oleh pihakĀ  PT. Indomarco Prismatama.

Diterbitkan

2020-03-03

Cara Mengutip

Tumini, & Alfi Hidayat, R. (2020). Penerapan Data Mining Pada Data Penjualan Produk Untuk Mengetahui Pola Belanja Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus : PT. Indomarco Prismatama). Jurnal Informatika SIMANTIK, 5(1), 42-46. Diambil dari http://ejurnal.stmikcikarang.ac.id/index.php/Simantik/article/view/97